Selasa, 20 Oktober 2009

Dua Mantan Presiden tak Hadiri Pelantikan


By Republika Newsroom
Selasa, 20 Oktober 2009 pukul 10:16:00

JAKARTA--Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri dan Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tidak menghadiri pelantikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono di Gedung MPR di Senayan Jakarta, Selasa (20/10). Sampai menit-menit terakhir menjelang pelaksanaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang dimulai pukul 10.00 WIB, Megawati belum hadir di Ruang Nusantara Gedung MPR.

Di deretan kursi tamu utama, tampak hadir mantan Presiden BJ Habibie beserta istri, mantan Wakil Presiden Try Sutrisno beserta istri serta kepala negara dan duta besar dari negara sahabat, di antaranya Presiden Timor Leste Ramos Horta, Perdana Menteri Australia Kevin Rudd, PM Malaysia Najib Tun Razak, PM Singapura Lee Hsien Long dan Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah. Tampak pula mantan Ketua DPR HR Agung Laksono dan para menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB), seperti Widodo AS, Aburizal Bakrie dan Sri Mulyani Indrawati.

Ketua MPR Taufiq Kiemas, yang juga suami mantan Presiden Megawati ketika ditanya mengenai kehadiran Megawati, hanya tersenyum sambil berjalan memasuki Gedung MPR. Sedangkan sopir pribadi Taufiq Kiemas mengatakan, "Ibu tidak bisa hadir, yang hadir cuma Bapak (Taufiq Kiemas) dan Mbak Puan (Puan maharani)".

Sementara itu, pengamanan di dalam Gedung DPRMPR sangat ketat, yakni dijaga petugas polisi dan pengamanan dalam DPR. Pengunjung tidak diperkenankan mendekati gedung tapi hanya diizinkan menyaksikan pelaksanaan pelantikan dari layar lebar dan televisi yang disediakan di lobi gedung. ant/taq

Tidak ada komentar:

Posting Komentar