Jumat, 09 Januari 2009

Italia Menghapus Utang Indonesia Rp 300 Miliar

JAKARTA, JUMAT — Pemerintah Italia memberikan Program Debt Swap yang berpotensi menghapus utang sebesar 24,2 juta dollar AS dan 5,7 juta euro atau sekitar Rp 300 miliar yang berlaku dari tahun 2005 sampai akhir tahun 2010.

Program konversi utang ini merupakan kontribusi Pemerintah Italia kepada Indonesia untuk menanggulangi dampak bencana tsunami Aceh dan Nias. "Pembiayaan konversi utang ini melalui proyek-proyek pembangunan dampak bencana tsunami Aceh dan Nias," kata Deputi Menko Perekonomian Mahendra Siregar sekaligus Delegasi Indonesia, saat jumpa pers, seusai rapat ketiga dengan Delegasi Italia, di gedung Menko, Jakarta, Jumat (9/1).


Dalam rapat ini, Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Italia telah menyepakati proyek-proyek yang akan dibangun dengan pembiayaan dana konversi utang Indonesia ke Italia tahun 2009 mendatang. Selain itu, rapat juga telah menyetujui secara formal penyelesaian pembangunan sejumlah proyek selama kurun waktu tahun 2007-2008.

"Ini suatu prestasi yang cukup besar untuk Indonesia. Proyek selesai dalam jangka waktu 3 tahun," kata Duta Besar Italia sekaligus Delegasi Italia, Roberto Palmieri.

Pada tahap pertama tahun 2006, kedua belah pihak telah menyetujui pelaksanaan 4 buah proyek di Aceh. Tahun 2007 kedua belah pihak juga telah menyetujui pelaksanaan proyek-proyek itu dan penghapusan utang sebesar 1,42 juta euro dan 5,02 juta dollar AS. Untuk tahun 2007 juga telah disetujui pelaksanaan enam buah proyek senilai Rp 110,18 miliar.

"Untuk pelaksanaan proyek ini, penghapusan utangnya sedang dipertimbangkan di Roma, Italia," tutur Mahendra. Pelaksanaan keenam proyek tersebut telah selesai pada tahun anggaran 2008, dan laporan final proyek-proyek tersebut telah disampaikan kepada Pemerintah Italia untuk memperoleh persetujuan resmi mengenai pengurangan utang. Sumber : kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar