Selasa, 27 Januari 2009

Puncak Gerhana Terlihat, Pengunjung Bersorak

JAKARTA, SENIN - Awan tampaknya bersahabat pada para pengunjung Planetarium Taman Ismail Marzuki, Jakarta yang mengikuti proses gerhana matahari cincin, Senin (26/1) sore. Gerhana yang mulai terlihat pukul 15.21 awalnya tertutup awan tebal dan sempat membuat cemas pengunjung.
Fenomena gerhana matahari terlihat di Jakarta, Senin (26/1). Proses gerhana ini terjadi dari pukul 15.21-17.50 wib dan mencapai puncaknya pada pukul 16.41 wib. Gerhana ini dapat dilihat secara sempurna di wilayah Tanjung Karang Lampung dan Anyer Banten.





The moon cast a shadow at the sun blocking it partially in a partial solar eclipse as it sets on Monday Jan. 26, 2009 at Manila's bay, Philippines.

(AP Photo/Aaron Favila
Namun, sekitar 10 menit menjelang puncak gerhana, bentuk matahari yang tertutup bulan terlihat jelas. Bahkan, saat mencapai puncaknya pukul 16.41, bentuk cincin semakin jelas.

Ratusan pengunjung pun langsung bersorak begitu melihat puncak gerhana ini melalui layar besar. Gambar yang ditampilkan di layar merupakan hasil pengamatan 5 teropong di Planetarium. Saat ini, ratusan pengunjung mulai meninggalkan gedung Planetarium yang terletak di bilangan Cikini Raya, Jakarta Pusat.

lihat photo - photo wartawan Kompas http://images.kompas.com/detail_news.php?id=15501

Inggried Dwi Wedhaswary




Tidak ada komentar:

Posting Komentar